Penyelenggaraan Seminar Nasional “Sinergi Komunikasi Digital dan Penyuluhan dalam Pembangunan Nasional” oleh FORKAPI di Lampung

Lampung – Forum Komunikasi Pembangunan Indonesia (Forkapi) melaksanakan salah satu agenda tahunannya yaitu menyelenggarakan seminar nasional. Seminar kali ini merupakan hasil kerja sama dengan Perhimpunan Ahli Penyuluhan Pembangunan Nasional (Pappi) dan Universitas Lampung (Unila). Seminar Nasional bertajuk “Sinergi Komunikasi Digital dan Penyuluhan dalam Pembangunan Nasional” ini dilaksanakan di Hotel Emersia, Lampung. Acara dihadiri oleh 186 peserta dari berbagai latar belakang dengan 78 orang di antaranya melakukan presentasi makalah penelitian.

Acara dibuka oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir. Taufik Hidayat, S.Sos., M.M., MEG mewakili Gubernur Provinsi Lampung. Ia menyatakan harapan adanya pertukaran informasi dan pengembangan komunikasi digital sehingga dapat menentukan aspek keberhasilan pembangunan nasional, khususnya di Provinsi Lampung. Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Prof. Bujang Rahman hadir mewakili Rektor Unila menyebutkan perkembangan teknologi yang sudah menjadi bagian integral kehidupan manusia. Kedua sambutan yang diberikan dalam seminar nasional ini telah memberikan gambaran mengenai betapa pentingnya sinergi yang dikembangkan komunikasi digital untuk mencapai pembangunan nasional.

Ada empat pembicara yang hadir di antaranya adalah Prof. Dr. Hafied Cangara, M.Si., (Pakar Komunikasi Pembangunan dan Guru Besar Unhas); Prof.Dr.Ir. Sumardjo, M.S., (Ketua Umum Pappi dan Guru Besar Ilmu Penyuluhan IPB); Prof.Dr. Ali Ibrahim Hasyim, M.S., (Guru Besar Ekonomi Pembangunan Pertanian Unila); dan Ir. Ahmad Chrisna Putra, M.E.D. sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Lampung. Selain sebagai sarana bertukar ilmu pengetahuan dan memajukan komunikasi digital untuk pembangunan nasional, acara ini juga ditujukan sebagai ajang silaturahmi antarpeneliti di bidang sosial humaniora. Diharapkan melalui seminar nasional ini muncul pemikiran-pemikiran kreatif demi menyeleraskan diri dengan zaman yang serba digital dan memanfaatkannya demi kepentingan nasional.

Leave a reply